Membangun Coffee Shop di Masa Pandemi

Bisnis kedai kopi sepintas terlihat mudah dan menyenangkan. Faktanya ada banyak pertimbangan penting yang perlu dilakukan biar bisnismu berjalan lancar. Mulai dari hal-hal kecil yang ternyata bisa menghambat operasional hingga perkara besar yang jarang disadari para pemilik bisnis. Apalagi di masa pandemi, menciptakan bisnis kedai kopi yang menguntungkan rasanya agak sulit. Padahal banyak hal yang justru bisa ditingkatkan sehingga menaikan cuan!

Kualitas Premium

Sebelum pandemi, coffee shop dengan fasilitas lengkap seperti wi fi, tempat duduk yang nyaman, instagrammable, menjadi incaran. Kini di masa pandemi, kebanyakan customer menghabiskan waktu di rumah sehingga online delivery jadi pilihan. 

Hal ini juga mengubah persepsi customer terhadap kopi yang ditawarkan. Kualitas rasa dan kecepatan pembuatan justru yang banyak dicari. Untuk itu kamu perlu menyiapakan bahan terbaik, mesin bandel, dan barista cekatan untuk bisa menjawab kebutuhan customer

Misalnya di Toffin Indonesia, kami menyediakan berbagai jenis kebutuhan coffee beans, frappe, sirup, dan bahan-bahan lainnya dengan kualitas premium. Hasilnya, menu yang kamu tawarkan memiliki kualitas rasa yang sanggup bersaing dan akan diincar oleh pelanggan. 

Layout Coffee Workstation yang Tepat 

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa mesin yang bandel dan barista cekatan menjadi salah satu kesuksesan coffee shop masa kini. Buat kamu yang baru memulai bisnis ini, mesin espresso menjadi investasi utama yang wajib dipertimbangkan. Mulai dari layanan penjualan, after sales service, hingga desain dan fungsi yang membuat barista mudah bergerak. 

Mesin kopi yang ergodinamis dan mudah digunakan, memberikan ruang gerak barista lebih luas. Mereka dengan mudah berpindah dari satu tempat ke tempat lain dan membuat minuman dengan cepat. Selain itu, penempatan mesin kasir yang dekat dengan mesin espresso juga membuat kerja barista lebih efisien karena mereka bisa memahami lebih baik keinginan customer. Agar lebih efektif lagi cup dan aksesoris di letakan diatas/sejajar dengan kepala sementara biji kopi, bar fridge milk berada di jangkauan tangan. 

Sediakan Produk Pelengkap 

Pilihan menu yang super lengkap belum tentu membuat coffee shop naik daun. Menu yang pas dan cocok justru akan di sukai pelanggan. Ada baiknya sebelum membuka coffee shop, kamu melakukan riset kecil-kecilan mengenai ukuran serta jenis makanan dan minuman yang disukai target pasarmu. Misalnya customer lebih memilih makanan berat atau cemilan ringan, ini tentu bisa menambahkan nilai plus terhadap bisnismu. 

Hitung juga cost yang dibutuhkan, pastikan bahwa menu yang ditampilkan tidak menambah biaya. Akan lebih baik juga jika harga yang ditampilkan sudah ditambahkan dengan biaya operasional, delivery dll sehingga saat pembelian customer tidak ditambahkan biaya lain. Hal ini biasanya akan menambah minat berbelanja mereka. 

Berikan harga wajar yang sejalan dengan kualitas makanan dan minuman yang kamu tawarkan, jangan terlalu mahal ataupun murah. Agar lebih menarik, tawarkan bundling produk di jam-jam tertentu. Misalnya bundling makanan dan minuman di jam makan siang, customer tentu lebih tertarik, bukan?

Counter Service dan Takeaway

Mengingat di masa pandemi jarang ada customer yang duduk di tempat, jadi pemilik bisnis bisa hemat ruang. Salah satu inovasi yang bisa diterapkan adalah counter service untuk memaksimalkan proses takeaway. Saat ini, keberadaanya sudah lazim ditemui di coffee shop dengan ruang minimalis sehingga mempermudah proses order. Apalagi di kala pesanan sedang ramai, sistem ini akan sangat cocok!

Berikan Promo Menarik 

Memberikan promo menjadi salah satu magnet untuk menarik customer. Selain itu menu seasonal dan bundling produk juga wajib dilakukan. Hal ini karena customer biasanya cepat bosan dengan menu lama, mereka menginginkan sesuatu yang baru dan menarik untuk dicoba. Agar customer tertarik, kamu bisa memberikan menu seasonal secara gratis pada pesanan tertantu.   

Kerjasama Dengan Pihak Ketiga 

Selain bekerjasama dengan mitra yang handal untuk produk dan pelayanan mesin, akan lebih baik jika kamu juga bekerjasama dengan developer digital untuk memaksimalkan data pelanggan. hal ini untuk mengamati pola pelanggan yang berbelanja di coffee shop mu, dengan begitu kamu akan memiliki data peak season, serta tren penjualan secara digital. Jangan lupa juga untuk eksis di berbagai platform penjualan online seperti ride hailing dan e-commerce. Tentunya agar penjualanmu semakin meroket, setuju?

Masih butuh diskusi? Kamu bisa menghubungi kami untuk konsultasi lebih lanjut! 

Diolah dari berbagai sumber
Informasi lebih lanjut bisa menghubungi Public Relations Toffin Indonesia di email auliaharyadi@toffin.id

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Posts

Coffee Shop Unik di Bali

Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Buat kamu yang pengen menikmati waktu di Bali sambil menyeruput kopi nikmat, kami punya rekomendasi berbagai coffee shop…
Read More