6 Kunci Sukses Kedai Kopi

Kunci Sukses Kedai Kopi

Kini banyak orang yang tergiur dengan bisnis kedai kopi. Selain terlihat mudah, dengan modal sederhana, potensi pasarnya juga ternyata cukup besar. Sebelum memulai bisnis ada baiknya, memerhatikan faktor utama yang bisa memastikan bisnis kamu berjalan dengan sukses.

Berikut 6 Kunci Sukses Kedai Kopi

1. Produk inovatif dengan rasa yang sesuai dengan lidah konsumen 

Keberagaman variasi menu, ditopang dengan berbagai inovasi produk baru secara konsisten bisa membuat pelanggan setia. Menurut 2020 Brewing in Indonesia : Insight for Coffee Shop Business, minuman dengan rasa lokal seperti kopi susu gula aren, klepon, kopyor, dan pisang cokelat akan menjadi rasa baru yang tren.

Hal ini dilihat dari tingginya permintaan bahan-bahan tersebut daripara pelaku usaha kepada pemasok bahan. Para pelaku bisnis sudah mulai mempersiapkan variasi menu baru untuk tahun depan. Selain itu minuman dengan bahan campuran natural, akan semakin diminati.

2. Harga value for money, namun tetap kompetitif.

Jika diperhatikan, semakin banyak coffee shop yang menawarkan minuman dengan harga lebih ramah di kantong dengan marketing dan branding yang kuat. Misalnya Kopi Kenangan dan Janji Jiwa yang mengangkat konsep emosional. Dengan kemasaran yang menarik, penamaan menu dibuat sejalan dengan konsepn (seperti Kopi Kenangan Mantan) sehingga menarik pelanggan.

3. Lokasi Strategis

Lokasi menjadi salah satu faktor utama seseorang berkunjung/membeli kopi. Pelanggan akan memilih tempat yang dekat dengan lokasi mereka. Untuk itu, pastikan bahwa kedai kopi berada di tengah di target market yang dituju. Selain itu, lokasi dengan traffic tinggi seperti perkantoran, kampus, dan transportation hub juga menjadi lokasi potensial. 

4. Tempat Nyaman 

Selain menjadi tempat ngopi, kedai kopi sering beralih fungsi menjadi tempat hangoutmeeting, acara lamaran, hingga berbagai momen lainnya. Kedai dengan suasana santai dan sirkulasi udara yang baik, akan memberikan kenyamanan bagi pelanggan sehingga mereka betah berlama-lama. Kedai dengan konsep instagrammable dengan fasilitas internet juga diminati. Hal ini mengingat gen Z yang senang membeli kopi untuk difoto dan di upload di media sosial.

5. Marketing & promosi yang tepat dan inovatif

Digital menjadi salah satu strategi yang digunakan oleh para pemilik kedai kopi. Beberapa dari mereka, memiliki tim khusus yang berdedikasi untuk menangani konten digital. Salah satu strategi yang umum digunakan adalah promosi di media sosial, dan beriklan di Instagram dan Facebook Ads. Selain itu bekerjasama dengan para Key Opinion Leader juga bisa menaikan brand awareness.

6. Inovasi dalam penjualan dan distribusi

Ride hailing kini menjadi platform distribusi yang populer di kalangan pengusaha kedai kopi. selain mudah dan efisien, konsumen juga bisa mendapatkan produk tanpa harus mengantri. Beberapa kedai kopi juga mengeluarkan aplikasi khusus yang bisa memudahkan pelanggan dalam mendapatkan produk dan update mengenai pelayanan serta produk. 

Masih bingung caranya untuk membangun bisnis kedai kopi yang sukses? Kamu bisa mengikuti berbagai kelas pembelajaran di Toffin E-Learning Center, mulai dari skill, business, dan menu creation.  Semua kelasnya, dipandu oleh para expertise berpengalaman, jadi jangan lupa untuk subscribe dan tonton kelas-kelasnya. 

Diolah dari berbagai sumber

Total
1
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Posts