Strategi Bisnis Digital Ramadhan

Strategi Digital Menghadapi Ramadhan 2021

Bulan Ramadhan di masa pandemi, kini lebih diantisipasi dalam versi digital ketimbang tahun-tahun sebelumnya. Himbauan untuk tetap berada di rumah membuat banyak orang lebih sering mengakses internet untuk hiburan hingga memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Dilansir dari “Google: Ebook Winning Ramadan with Digital 2021 Playbook” internet ekonomi Indonesia bertumbuh secara sehat 11% year on year berkat pertumbuhan e-commerce dan media online. Pertumbuhan ini didukung dengan data 197 juta penduduk Indonesia kini sudah bisa mengakses internet.

93% pengguna baru berencana untuk selalu online agar bisa terhubung dengan dunia luar sementara Youtube mampu menjangkau 93 juta pengguna. Tahun 2021, angka ini diyakini akan terus bertambah mengingat pandemi masih berlangsung.

Ada beberapa tren yang diperkirakan akan terus berlanjut secara digital beberapa diantaranya adalah:

Saling Berbagi

Google mencatat bahwa pencarian “kirim makanan/parcel” meningkat 4x. Hal ini dikarenakan kegiatan Ramadhan seperti buka bersama di luar rumah tidak mungkin dilakukan. Mereka mengganti kegiatan pertemuan ini dengan saling mengirimkan makanan kepada kerabat atau teman terdekat. 

Business owner bisa mengantisipasi hal ini dengan menyiapkan menu atau bundling khusus untuk bulan Ramadhan. Biasanya menu ini akan diminati di jam buka puasa, namun business owner juga bisa menyiapkan promo khusus di jam-jam di luar waktu tersebut. 

Hiburan Digital

 Kebiasaan untuk berada di rumah membuat masyarakat mencari hiburan di platform digital. Pencarian kata kunci entertainment di google naik 2x lipat. Sementara itu pengguna platform media streaming naik 41%. Pandemi membuat banyak orang kesulitan mencari hiburan. Digital menjadi satu-satunya platform untuk berkomunikasi, bertukar kabar hingga menemukan hiburan bagi mayoritas masyarakat Indonesia. 

Untuk itu, memiliki konten sosial media yang menarik diwajibkan bagi para pemilik brand. Tentunya untuk menaikan brand awareness dan engagement yang tinggi di media sosial agar customer akan selalu ingat produkmu hingga membelinya. Supaya maksimal dalam mengelola konten sosial media, kamu bisa ikuti step by step hingga tips dan triknya di Toffin E-Learning Center! 

Online Delivery 

Dibanding tahun lalu, terdapat kenaikan hingga 55% pencarian untuk aplikasi food delivery. Pengaruh pandemi membuat banyak masyarakat lebih memilih membeli online ketimbang datang langsung. Mereka juga sangat peduli mengenai regulasi dan protokol kesehatan yang diterapkan bisnis F&B. 

Di tahun 2021, regulasi dan protokol kesehatan masih menjadi fokus utama consumer. Untuk itu jangan sampai lengah dalam menerapkannya, sampaikan juga hal ini dalam berbagai channel komunikasi yang dimiliki. 

Belanja Online 

Jumlah pencarian penjualan online di 2020 juga naik hingga 79%, customer berupaya mencari produk yang memenuhi kebutuhan mereka secara digital. Untuk itu akan lebih baik jika business owner memiliki track record penjualan produk dengan penjualan tertinggi, behavior customer, serta pengalaman berbelanja mereka. Dari data-data ini, kamu bisa menentukan produk mana yang bisa di-highlight atau promo menarik apa yang bisa dibuat selama bulan Ramadhan.  

Platform digital menjadi krusial di masa pandemi, untuk itu business owner wajib menyiapkan diri secara maksimal. Follow Instagram @toffin.id untuk berbagai insight berbisnis di bulan Ramadhan lainnya. Selamat mencoba!  

Diolah dari berbagai sumberInformasi lebih lanjut bisa menghubungi Public Relations Toffin Indonesia di email auliaharyadi@toffin.id

 

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Coffee Shop Unik di Bali

                                                                                                                                                               Buat kamu yang pengen menikmati waktu di Bali sambil menyeruput kopi nikmat, kami punya rekomendasi berbagai coffee shop…
Read More
Kunci Sukses Kedai Kopi

6 Kunci Sukses Kedai Kopi

Kini banyak orang yang tergiur dengan bisnis kedai kopi. Selain terlihat mudah, dengan modal sederhana, potensi pasarnya juga…
Read More