Wisata Kebun Kopi yang Instagrammable

Sebagai salah satu penghasil biji kopi terbaik dan terbanyak di dunia, Indonesia tentu memiliki perkebunan kopi yang beragam. Mengingat tanaman ini tumbuh baik di dataran tinggi, ngga heran kalau perkebunan kopi selalu memiliki pemandangan yang cantik. 

Keunggulan ini membuat banyak kebun kopi yang akhirnya menawarkan paket wisata. Di sini, kamu bisa melihat langsung bahan diajak untuk memetik kopi, proses pengeringan, hingga mendapatkan pengalaman unik lainnya. 

Kintamani, Bali 

Misalnya di Kintamani, Bali, selain dapat menyaksikan pemandangan alam yang asri dan segar, kamu juga bisa melihat luwak yang memakan biji kopi yang sengaja dipelihara oleh warga sekitar. Nantinya mereka akan menghasilkan kopi luwak yang terkenal. Selain itu, kalau datang di masa panen, pengunjung juga bisa memetik kopi dan ikut dalam proses pengolahannya, hingga seduh kopi hasil petikan sendiri. Mau seduh kopi yang sudah dipanen? Tentu bisa.  

Berbeda dengan di wilayah lain, di Kintamani, biji kopi dikupas terlebih dahulu sebelum dikeringkan sehingga warna nya lebih terang bila dibandingkan kopi dari wilayah lain di Indonesia. Ini membuat kopi Kintamani menjadi yang terbaik di wilayah Bali. 

Pengalengan, Jawa Barat 

Buat kamu yang mau berkunjung ke kebun kopi sekaligus belajar sejarah, wajib berkunjung ke Pengalengan, Jawa Barat (40 km di selatan Bandung). Daerah ini punya perkebunan kopi yang sudah dikembangkan sejak zaman Kolonial Belanda. Kamu bisa jalan-jalan di kebun kopi sambil melihat warga yang memetik kopi. kalau bosan, bisa juga memancing di danau buatan, atau kemping sambil menikmati pemandangan alam. 

Di Pengalengan, kopi tumbuh subur di pegunungan Malabar di ketinggian 1.500 meter. Kualitas kopi yang mumpuni melahirkan banyak brand kopi seperti Malabar Mountain Coffee dan Java Preanger Coffee yang terkenal sampai ke mancanegara. Kalau ingin bersantai dan menikmati secangkir kopi Malabar, kamu bisa berkunjung ke kafe kopi Malabar Indonesia di Jalan SMPN 1 Pasirmulya sambil menyeruput kopi dan menikmati sejuknya udara pegunungan. 

Bolokan, Toraja 

Selain di Pengalengan, perkebunan kopi di Bolokan, Toraja juga sudah ada sejak jaman Belanda dan memiliki luas 800 hektar. Perkebunan ini dimiliki oleh PT Sultoco yang dikelola dengan sistem kemitraan dengan warga. Sistem yang digunakan adalah bagi hasil, dengan arahan teknis dari pabrik tersebut. Hasilnya kopi yang berkualitas tinggi dengan sertifikat organik internasional dalam pengelolaan dan produksi. 

Apalagi Toraja, juga dikenal sebagai penghasil kopi arabika yang terkenal di Indonesia dan dunia. Sehingga wisatawan berbondong-bondong datang untuk mecoba kopi ini di tempat asalnya langsung sambil menikmati keindahan Tana Toraja. 

Dayan Gunung, Lombok Utara 

Buat yang mau mendaki ke Gunung Rinjani melalui jalur Senaru, Lombok Utara wajib berkunjung ke kebun kopi di Dayan Gunung. Dari pos pendakian Senaru, kamu tinggal lurus sampai menemukan plang di kiri jalan. Nanti selain bisa menikmati wisata kebun kopi, kamu juga bisa menyeruput kopi sambil memandangi keindahan Taman Nasional Gunung Rinjani.

Jalur menuju kebun kopi ini tergolong sebagai track yang mudah, meskipun berada di jalur pendaki  sehingga mudah untuk dikunjungi, ngga heran jika tempat ini menjadi populer dan menjadi salah satu destinasi wisata yang diminati anak muda. 

Selain itu, masih banyak destinasi kebun kopi lainnya yang bisa kamu kunjungi. Kira-kira ada rekomendasi? 

Diolah dari berbagai sumber

Informasi lebih lanjut bisa menghubungi Public Relations Toffin Indonesia di email auliaharyadi@toffin.id 

Total
1
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Posts