Distributor mesin kopi

Tips Mencari Distributor Mesin Kopi Terpercaya

Memulai bisnis kopi, seringkali dianggap mudah. Tinggal googling jual mesin kopi, beli online, lalu set up bisnis. Padahal dengan strategi yang baik di awal, pebisnis bisa mengurangi kemungkinan bangkrut, gagal, hingga tutup bisnis. Apalagi banyak pemilik bisnis yang menekan budget dengan membeli mesin kopi abal-abal.

Padahal banyak distributor mesin kopi yang kurang serius dalam menyediakan pelayanan after sales. Jadi saat business owner mengalami kendala mesin kopi, mereka memberikan pelayanan perbaikan, reparasi hingga spare part. Berikut beberapa tips dan trik dalam mencari jual mesin kopi yang terpercaya.

Tentukan jenis kedai kopi dan dana yang dibutuhkan

distributor mesin kopi

Sebelum memulai bisnis, tentu diperlukan proyeksi, visi, misi dan perhitungan budget yang tepat agar tidak bocor diawal. Buatlah coffee shop dengan budget serta proyeksi bisnis yang realistis untuk jangka waktu kedepan. Dana darurat juga diperlukan agar kedepannya bisnis tetap bisa berjalan meski sedang sepi atau mengalami kendala mendadak. Siapkan dana yang cukup untuk membeli mesin kopi berkualitas, karena mesin yang bagus biasanya memiliki harga yang sepadan.

Mesin dan bahan baku berkualitas

Bahan baku distributor mesin kop

Menjaga dana bisnis bukan berarti menekan harga mesin dan bahan baku. Justru keduanya harus diprioritaskan dengan kualitas terbaik. Banyak yang jual mesin kopi tanpa mengindahkan kualitas, sehingga bisnis bisa terkendala karena masalah sepele. Kalau sudah begini, pemilik coffee shop tentu akan kewalahan. Ada juga distributor mesin kopi yang memiliki mesin kopi bagus tapi minim bahan baku.  

Untuk amannya, cari penjual mesin kopi yang juga menyediakan bahan baku secara lengkap. Mulai dari frappe, sirup, biji kopi, hingga bahan pelengkap. Biasanya dengan bahan baku yang lengkap, vendor juga akan menyediakan kelas kreasi menu. Hal ini akan memudahkan business owner dalam menciptakan berbagai minuman hingga signature menu yang bisa dijadikan andalan.

Jaminan logistik dan after-sales yang kuat

after-sales-jual mesin kopi

Buat business owner yang ingin mengembangkan bisnis, tentu membutuhkan vendor dengan jaminan logistik dan after sales yang kuat. Seperti Toffin yang memiliki cabang di 14 kota besar dengan pelayanan mesin kopi, after sales, spare part, hingga bahan baku yang lengkap. Jadi business owner bisa mendapatkan pelayanan yang sama dimanapun bisnis mereka berada. Enaknya lagi, dengan pelayanan after sales, pemilik bisnis bisa menjadwalkan perawatan secara rutin, agar kerja mesin kopi tetap optimal. 

Brand dengan reputasi International

Distributor mesin kopi

Mesin kopi yang berkualitas biasanya sudah memiliki nama dan dipercaya dalam berbagai laga dunia seperti World Barista Championship (WBC). Untuk itu sangat penting memilih vendor yang terpercaya (yang menaungi berbagai brand besar tersebut) karena sudah memiliki track record yang baik dalam bisnis kedai kopi serta jaringan dan distribusi yang luas.

Apalagi brand awareness dan brand image sebuah mesin kopi mencerminkan kualitas (fungsi dan ketahanan) mesin kopi. Hal ini tentunya akan mendukung operasional dan citra kedai kopi di mata masyarakat. Misalnya Nuova Simonelli yang dikenal sebagai mesin kopi dengana kualitas diatas rata-rata. Ada juga Victoria Arduino yang pernah dipakai dalam laga WBC dan digunakan brand-brand besar.

itu adalah beberapa tips dan trik yang bisa dipakai dalam mencari vendor yang jual mesin kopi. Hal ini agar pemilik bisnis bisa menemukan mesin kopi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan bisnisnya. 

Diolah dari berbagai sumber

Informasi lebih lanjut bisa mengubungi Public Relations Toffin Indonesia di email auliaharyadi@toffin.id

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts