Coffee mocktail

Coffee Mocktail, Tren Kopi Baru di Indonesia

Coffee mocktail jadi salah satu menu yang paling diminati masyarakat sejak beberapa waktu belakangan. Meski populer, banyak juga yang salah kaprah dengan antara minuman ini dengan coffee cocktail. 

Coffee Cocktail

Coffee Cocktail

Tidak dipungkiri, keberadaan coffee cocktail muncul lebih dulu dan diminati oleh masyarakat Barat khususnya Eropa dan Amerika. Kreasi minuman ini selalu hadir dengan rasa yang unik dari tahun ke tahun dan bertahan selama berabad-abad.

Contohnya Irish coffee, yaitu minuman cocktail yang dibuat dengan mencampurkan wiski Irlandia dengan kopi, gula, serta krim kocok diatasnya.

keberadaan coffee cocktail muncul lebih dulu dan diminati oleh masyarakat Barat khususnya Eropa dan Amerika. Kreasi minuman ini selalu hadir dengan rasa yang unik dari tahun ke tahun.

Minuman yang sudah ada selama lebih dari satu abad ini popular di Amerika pada era perang dunia kedua berkat Stanton Delaplane. Selain itu ada juga espresso martini yang atraktif dan menarik namun tricky saat diracik. 

Coffee Mocktail

Coffee mocktail

Kepopuleran coffee cocktail kemudian diolah menjadi lebih kreatif di ajang World Barista Champion (WBC) salah satunya dengan dikreasikan menjadi coffee mocktail. Menu yang satu ini kemudian rajin diikutsertakaan saat kompetisi dan menjadi menu yang paling sering dibawakan. 

Kreasi menu ini kemudian menarik minat banyak orang karena rasanya yang unik serta penyajian yang persis sama dengan cocktail. Pada dasarnya mocktail merupakan minuman yang menggunakan metode mixology dengan mencampurkan berbagai bahan untuk menghasilkan rasa yang kompleks.

Hasil minumannya juga dipresentasikan layaknya cocktail dengan hiasan dan gelas yang sama. Perbedaanya, coffee mocktail sama sekali tidak menggunakan alkohol. 

Pada dasarnya mocktail merupakan minuman yang menggunakan metode mixology dengan mencampurkan berbagai bahan untuk menghasilkan rasa yang kompleks.

Menarik bukan?

Coffee Mocktail Indonesia

Coffee Mocktail Indonesia

Selain menjadi minuman para jawara, coffee mocktail justru semakin meroket popularitasnya di Indonesia sejak 3 tahun terakhir. Menurut Mikael Jasin, kebutuhan akan kreasi kopi membuat para pelaku di industri ini semakin kreatif dalam mengembangkan menu.

Apalagi di Indonesia kebanyakan masyarakatnya merupakan muslim, sehingga coffee mocktail lebih disukai. Kreasi minuman ini juga semakin kreatif, pilihan rasanya cukup banyak. Coffee mocktail memadukan antara kopi hitam, rasa manis, asam, dan masih banyak lagi.

Pada dasarnya kopi memiliki cita rasa yang kuat sehingga saat dipadukan dengan berbagai rasa lain, rasanya tetap menonjol. Perpaduan rasanya pun cukup beragam mulai dari buah, daun, bunga atau herbs lainnya seperti rosemary, sage, dan masih banyak lagi. 

Coffee mocktail juga bisa menggunakan bahan dasar dari cocktail yang non alkohol sehingga variasi rasanya lebih luas. Menurut jawara IBC 2019-2021 ini tren coffee mocktail di Indonesia lebih berkembang daripada di luar negeri mengingat besarnya pangsa pasar yang ada.

Diolah dari berbagai sumber

Informasi lebih lanjut bisa mengubungi Public Relations Toffin Indonesia di email auliaharyadi@toffin.id

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts
Influncer Kedai Kopi

Tips Memanfaatkan Influencer Untuk Bisnis

Influencerย seringkali dianggap sebagai pendorong pasar yang sukses di media sosial.ย Reviewย mereka terhadap produk, makanan, hinggaย coffee shopย membuat banyak pebisnis berbondong-bondong…
Read More