Memaksimalkan Media Sosial Untuk Bisnis Kedai Kopi

Saat ini media sosial menjadi platform yang paling penting dalam mengembangkan bisnis. Di Indonesia ada 130 juta masyarakat yang aktif menggunakan media sosial dengan rata-rata durasi 3 jam 23 menit per harinya.

Di Indonesia, Youtube menjadi platform yang paling popular dengan 43% pengakses, disusul Facebook 41%, WhatsApp 40%, Instagram, 38%, Twitter 27%, dan Linkedin 16%.

Untuk itu, business owner perlu menentukan akun media sosial yang tepat untuk bisa memaksimalkan hasil pemasaran. Ada beberapa hal yang bisa diaplikasikan dalam media sosial marketing brand.

Berikut 5 Tips Memaksimal Media Sosial Untuk Bisnis Coffee

1. Menentukan Platform yang Tepat

Tentukan jenis media sosial yang tepat dan sesuai dengan target market bisnis. Agar hasilnya maksimal, bisa dilakukan riset di seluruh platform media sosial. Masukan seluruh ide-ide yang bisa diaplikasikan, setelah itu gunakan media sosial yang paling responsif terhadap ide dan konten bisnis.

2. Mengelola Media Sosial yang Tepat

Setelah menentukan jenis media sosial, buat tujuan dan kembangkan konsep ide untuk konten. Dampak media sosial akan lebih terasa jika ada kalender konten. Fungsinya tentu agar ide dan campaign bisa diaplikasikan lebih terstruktur sehingga pesan bisa tersampaikan secara jelas. Akhirnya campaign yang dijalankan bisa meningkatkan awareness terhadap pelanggan dan tentunya menarik follower baru.

3. Kreasikan Konten Semenarik Mungkin

Akun media sosial dengan konten yang menarik dan fresh selalu sukses menarik perhatian follower. Saat ini konten yang berisikan edukasi sangat digemari dan terbukti ampuh menggaet lebih banyak follower. Jika baru memulai, tidak ada salahnya untuk melakukan riset tentang konten yang disukai dan kompetitor. Hal ini akan membantu dalam menghasilkan konten yang fresh, unik, dan dibutuhkan follower.

4. Komitmen Untuk Mengelola Media Sosial

Mengelola media sosial memang terlihat mudah, namun nyatanya dibutuhkan komitmen kuat agar akun bisa berjalan dan bertumbuh, hingga memberikan hasil yang diharapkan. Prosesnya cukup menantang dan membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Akan lebih baik jika business owner membuat tim khusus untuk mengelola akun media sosial.

5. Monitoring

Setelah berjalan, akun media sosial juga perlu di monitor dan evaluasi secara berkala. Mengingat seringkali banyak perubahan kebijakan dari masing-masing platform dan tren di masyarakat. Apalagi perubahannya tergolong cepat, sehingga perlu dilakukan penyesuaian.

Jika kesulitan melakukan monitoring, business owner bisa memanfaatkan berbagai tools di internet. Saat ini sudah banyak tools yang bisa digunakan, untuk memaksimalkan efektivitas akun sosial media.

Jika dijalankan secara benar, maka tips-tips ini akan membantu Anda dalam membentuk dan mengelola akun sosial media bisnis. Jangan lupa untuk selalu update pengetahuan di bidang sosial media dan tren terkini agar konten yang dihasilkan lebih berwarna. Selamat mencoba!

Diolah dari berbagai sumber

Total
11
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Posts

Coffee Shop Unik di Bali

Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Β Buat kamu yang pengen menikmati waktu di Bali sambil menyeruput kopi nikmat, kami punya rekomendasi berbagai coffee shop…
Read More