Jelajah Ilmu Specialty Coffee melalui Platform Digital

Di Indonesia, industri kopi semakin naik daun. Semakin banyak orang-orang yang tertarik untuk mengembangkan bisnis di bidang specialty coffee. Dalam specialty coffee ini ada berbagai banyak hal yang dituntut untuk bisa disesuaikan agar bisa masuk ke dalam kategori spesialti. 

Misalnya kopi Arabica harus berasal dari ketinggian tertentu, atau biasanya hanya diperbolehkan memiliki cacat dalam jumlah terbatas. Kemunculan specialty coffee diharapkan dapat memberikan efek baru terhadap para pecinta kopi. salah satunya dengan lebih menghargai dan mengapresiasi setiap cangkir yang diseduh barista. 

Seorang barista juga dituntut untuk memperluas pengetahuannya agar bisa memberikan edukasi kepada pelanggan. Mulai dari rekomendasi kopi hingga berbagai fakta menarik tentang kopi yang disajikan. 

Jadi wajib hukumnya untuk para barista, agar selalu meng update dan upgrade ilmu mereka. Mulai dari tren terbaru di dunia kopi, hingga meningkatkan skill serta ketrampilan dalam menyajikan minuman kopi. Apalagi metode seduh kini semakin beragam sehingga pelanggan semakin penasaran dan ingin mengulik lebih jauh minuman yang mereka nikmati. 

Komunikasi barista dengan pelanggan menjadi suatu hal yang umum terjadi di coffee shop. Bagi para barista yang bekerja di balik mesin espresso, latte art menjadi salah satu seni yang paling sering menjadi bahan perbincangan. Masyarakat awam sangat tertarik dengan minuman yang satu ini. 

Latte art dibuat oleh para barista saat mereka membuat latte atau cappuccino dengan cara menuangkan susu yang sudah di steam ke atas espresso. Kemudian dibentuk dengan teknik tertentu sehingga menghasilkan bentuk-bentuk seperti heart atau rosetta. Selain itu masih banyak bentuk lain yang lebih unik dan sulit, sehingga memacu para barista untuk bisa lebih berkreasi. Tentunya tanpa meninggalkan kualitas cita rasa dari kopi tersebut. 

Dengan tingginya minat masyarakat awam untuk menjadi barista atau sekedar ingin tahu lebih jauh mengenai latte art, kursus barista pun mulai menjamur. Tempat-tempat pelatihan barista semakin banyak dan menjadi wadah bagi mereka yang ingin meningkatkan ketrampilan. 

Sayangnya, tingginya minat pengikut barista class tidak berbanding lurus dengan tempat penyelenggara. Kursus barista biasanya terpusat hanya di kota-kota besar seperti Jakarta. Padahal kenyataanya, antusiasme masyarakat luar Jakarta juga cukup tinggi namun mereka kesulitan untuk bisa menjangkaunya. 

Untuk itu Toffin menghadirkan Toffin E-Learning Center, number one coffee business platform di Indonesia. Ini adalah platform digital yang menyediakan program pengembangan dan pelatihan di industri kopi. 

Mulai dari kreasi menu, bisnis, hingga ketrampilan, yang difasilitasi oleh mentor berpengalaman di bidangnya melalui daring baik video maupun workshop. Para mentor ini terdiri dari master kopi internasional, juara kopi Indonesia, ahli teh, pakar cafe dan restoran, serta para praktisi di industri kreatif.

Disini ada 3 program yang ditawarkan yaitu skill, menu creation, dan business. Selain itu ada berbagai fitur-fitur yang bisa kamu akses. Seperti free access video, paid access video, paid seminar class, dan on demand video & class

Platform digital ini bisa kamu akses dimana saja dan kapan saja sehingga tidak perlu repot untuk keluar bujet transport. Dengan menambah skill dan wawasan diharapkan pengetahuan dan bisnis mengenai specialty coffee bisa lebih berkembang, jadi tidak stuck disitu-situ saja!  

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Posts