Mengenal Jenis Espresso Based

Blake Richard Verdoorn via Unsplash.com

Cappuccino dan latte jadi primadona para pecinta kopi saat hangout. Keduanya dibuat dari bahan dasar yang sama yaitu espresso dan kemudian diolah dengan berbagai bahan lain dalam takaran yang berbeda. Selain keduany, espresso juga bisa dibuat menjadi berbagai variasi minuman lainnya. 

Single Shot 

Espresso sejatinya bisa langsung diminum dan dinikmati lho. Di Italia, atau negara asalnya, minuman ini seringkali dikonsumsi secara langsung di bar dalam sekali teguk. Jika masih terasa kurang berasa, bisa juga memesan espresso double shot atau doppio dengan ukuran 60 mililiter. 

Espresso Ice 

Buat para pecinta minuman dingin, perpaduan espresso dan es batu akan cocok di lidah, disarankan untuk menambahkan sedikit lemon agar terasa lebih segar. 

Ristretto 

Ini adalah espresso dengan proses ekstraksi yang tidak selama espresso atau hanya sekitar 15 detik saja, ukurannya juga hanya 15 ml yaitu setengah dari espresso

Espresso Romano 

Ini adalah menu yang cukup unik dan jarang dipesan di coffee shop, padahal pembuatannya cukup mudah yaitu satu shot espresso yang dicampur dengan sedikit gula dan irisan lemon di bibir gelas. 

Guillermo 

Jika espresso romano mengunakan campuran gula, maka guillermo hanya membutuhkan espresso yang dicampur dengan irisan lemon. Bagi beberapa orang, lemon bisa diletakan didasar gelas sebelum espresso dituangatau justru sebaliknya. 

Cuban Espresso 

Buat kamu yang prnah berkunjung ke Kuba wajib mencicipi minuman ini, yaitu espresso yang dicampur dengan gula khusus dari Guyana, Amerika Selatan. Gula cokelat kasar ini disebut sebagai demerara dan memberikan rasa serta aroma yang khas. 

Affogato 

Ini adalah salah satu menu yang sempat naik daun di Indonesia, caranya cukup mudah yaitu mencamputkan espresso yang disiramkan ke atas es krim vanilla. 

Long Black 

Jika tidak terbiasa dengan single shot, bisa juga mencoba dengan menuangkan espresso pada setengah cangkir air panas. Karena espresso dituangkan terakhir maka crema masih ada. 

Americano 

Prosesnya mirip dengan long black, hanya saja, air panas dituangkan terakhir sehingga crema akan menghilang akibat guyuran air panas. 

Cafe Zorro

Dengan perbandingan 1:1 antara air panas dan dua shot espresso yang dituangkan kedalam gelas, kamu sudah bisa menikmati minuman ini. 

Red Eye 

Satu shot espresso masih terasa kurang? Campurkan dengan secangkir kopi agar lebih terasa. Jika kopi dituangkan diatas espresso maka akan disebut Canadiano. Jika tiga shot espresso dicampur dengan satu gelas kopi, maka akan menjadi dead eye

Cappuccino

Ini adalah menu yang paling sering dicari di coffee shop. Campuran satu shot espresso dengan steam milk, dan frother atau busa susu ini bisa menghasilkan rasa susu dan kopi yang lebih seimbang. 

Latte 

Campuran dari satu shot espresso dengan steam milk menghasilkan rasa susu yang lebih kuat. Biasanya barista akan memberikan hiasan cantik diatasnya yang sering disebut sebagai latte art

Macchiato 

Jika espresso dicampur dengan sejumput foam milk, atau steam milk makan akan menghasilkan minuman ini.

Cafe Bonbon 

Kamu pecinta manis? Campurkan satu shot espresso dengan susu kental manis panas

Piccolo Coffee 

Buat yang mau coba rasa unik, bisa mencampurkan ristretto ke dalam setengah cangkir susu, sehingga memberikan rasa yang berbeda. 

Diolah dari berbagai sumber

Informasi lebih lanjut bisa menghubungi
Public Relations Toffin Indonesia di email auliaharyadi@toffin.id

Total
1
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Posts